TUGAS PENGANTAR BISNIS MINGGU KE-2

Nama : Dina Eldiana
NPM : 22210059
Kelas : 1EB18

1. Jelaskan bagaimana cara mendirikan (berikan langkahnya) ukm dengan memperhatikan faktor produksi !
jawab :
• Tenaga Kerja dan konsumen
• Modal usaha
• Tanah dan sumber alam
• metode ( inisiatif/ide produktif)

2. Berikan masing-masing 5 contoh rill perusahaan berdasarkan letak/tempat ?
jawab :
• Lokasi/letak perusahaan terikat pada alam ,con :perusahaan teh dan air mineral
• Lokasi/letak perusahaan berdasarkan sejarah
• Lokasi/letak perusahaan ditetapkan pemerintah
• Lokasi/letak perusahaan dipengaruhi faktor ekonomi
• Lokai/letak perusahaan berdasrkan hubungan internasional

3. Sebutkan Dan Jelaskan Dengan Singkat Apa Yg Menjadi Tujuan Perusahaan

Jawab :
1. tujuan sosial : keinginan investor, karyawan, penyedia faktor-faktor produksi dan masyarakat.
2. tujuan ekonomi : laba-pelanggan-pengembangan kebutuhan masyarakat dalam hal produk, kualitas, harga kuantitas, waktu pelayanan kegunaan, inovatif berkesinambungan, comparative advantage dan competitive advantage (berdaya saing tinggi dan dalam jangka panjang)

4. Jelaskan apa yang dimaksud lingkungan internal dan eksternal suatu perusahaan !
jawab :
• Lingkungan internal adalah lingkungan dari dalam suatu perusahaan yaitu :
 Penyedia
 Pelanggan
 Pesaing
 Tenaga Kerja
 Modal
 Alat dan Mesin
 Bahan Baku
 Sistem Informasi
• Lingkungan eksternal adalah lingkungan dari luar perusahaan yaitu :
 Alam dan ekologi
 Politik
 Hukum
 Perekonomian
 Pendididkan dan Teknologi
 Sosial dan Budaya
 Demografi
 Hubungan Internasional

5. Aplikasikan setiap variabel lingkungan internal dan eksternal bagaimana pengaruhya bagi perusahaan ?
jawab :
1. Ekolog : pencemaran udara,air,sampah
2. Ekonomi : urbanisasi,pertambahan,penduduk,pajak
3. Sosial : kriminalitas,pengangguran
4. Politik : pertahanan keamanan


6. Jelaskan Perbedaan Producer Oriented Approach Dan Consumer Oriented Approach

Jawab :

1. Producer oriented approach : produsen yang berorientasi pendekatan, maksudnya menjual barang dan jasa ke pasar.
2. Consumer oriented approach : konsumen yang berorientasi pendekatan, maksudnya membeli barang dan jasa yang di jual oleh produsen dari pasar.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS