Panduan Upgrade RAM di Mac



Saat ini harga RAM (Random Access Memory) sudah murah meriah. MacBook Pro terbaru datang dengan 4 GB RAM yang sebenarnya masih bisa ditambah. Berikut ini tutorial dan penjelasan tentang cara upgrade RAM MacBook Pro.

Petunjuk membeli RAM

Banyak yang menanyakan merek RAM yang cocok untuk Mac. Sebenarnya merek apa pun bisa dipakai dan tidak ada akan ada dampak negatif. Hal yang perlu diperhatikan adalah jenis RAM harus cocok dengan Mac-mu. Semua Mac memakai slot RAM SODIMM, yaitu RAM yang berukuran pendek untuk jenis laptop.
Setiap Mac hanya dapat menggunakan jenis RAM tertentu. Kalau kamu perhatikan nama-nama memory selalu ada tulisan berawalan DDR, nah itulah jenis RAM yang harus kamu perhatikan. Jenis RAM DDR ada berbagai macam, dari DDR s.d DDR3, nomor dibelakangnya merupakan clock speed RAM tersebut, bagian inilah yang harus kamu perhatikan ketika membeli RAM. Jangan sampai kamu membeli RAM dengan clock speedyang tidak tepat. Lihat clock speed yang cocok untuk RAM kamu dari tabel di bawah ini.
Jumlah maksimal RAM tergantung dari tahun keluaran Mac-mu. Mac lama tahun 2007 s.d 2009 maksimal 4GB, Mac baru mampu dibesut sampai 16GB. Untuk tabel maksimal jumlah RAM lihat tabel di bawah ini. iMac dan MacBook Pro hanya mempunyai 2 slot RAM, untuk memakai 16GB RAM artinya kamu harus membeli dua keping RAM 8 GB.
Sumber: http://guides.macrumors.com/Understanding_Intel_Mac_RAM
Sumber: http://guides.macrumors.com/Understanding_Intel_Mac_RAM
Selanjutnya silakan berbelanja RAM SODIMM merek apa pun asalkan jenis DDR dan clock speed tepat untuk Mac-mu.

Petunjuk Mengganti RAM untuk MacBook Pro Unibody

Petunjuk kali ini hanya diperuntukkan bagi MacBook Pro unibody. Untuk jenis Mac lainnya, kamu bisa melihat petunjuknya di halaman petunjuk mengganti memori MacBookMacBook Pro lama dan iMac di website Apple.
Mengganti RAM sendiri tidak akan menghilangkan garansi. Saya anjurkan kerjakan sendiri, karena dengan melakukannya sendiri kamu bisa sekalian membersihkan bagian dalam MacBook yang berdebu seiring dengan waktu pemakaian, apalagi kalau MacBook kamu sering dipakai di luar ruangan.
Lakukan tindakan pencegahan listrik statis dengan memakai sandal jepit atau alas kaki yang tidak induktif, pastikan juga MagSafe tidak tercolok.
Untuk membuka bagian belakang MacBook Pro, hanya dibutuhkan sebuah obeng kembang kecil yang bisa kamu dapatkan dengan mudah. Jangan pilih obeng kecil murahan yang terbuat dari besi, karena cenderung cepat aus dan dapat merusak baut-baut kecil yang tertanam.
Obeng pelat kembang yang dipakai
Obeng pelat kembang yang dipakai
Mari kita mulai.
Buka semua baut kecil, jumlahnya ada 10 baut, 3 baut panjang dan 7 baut pendek. Setelah terbuka, bersihkan dahulu debu-debu yang menempel menggunakan lap lembap – jangan lap basah atau dengan tisu dan blower.
Sekarang kamu pasti melihat posisi RAM-nya. Untuk mencopotnya gampang sekali, yang kamu perlu lakukan hanyalah menekan keluar penahan RAM yang mengapit RAM di kedua sisinya.
Tekan keluar dua penyepit ini
Tekan keluar dua penyepit ini
Untuk memasukkan keping RAM baru, kamu hanya menekan sampai penyepit kembali menahan keping RAM baru tersebut.
Memasukan kembali RAM
Memasukan kembali RAM
Tahap selanjutnya pasang kembali penutup belakang dan hidupkan MacBook Pro untuk mengetes RAM barumu.
Saya ingin memberikan lebih langkah lebih lanjut, tapi mengganti RAM MacBook Pro memang semudah itu. Semoga artikel ini bisa menjawab pertanyaan seputar RAM untuk Mac.
Apabila masih ada yang belum jelas, silakan utarakan pertanyaan di komentar.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS